50 Pasangan Suami Istri Maju Pilkades Serentak Di Lamongan

ADAKITANEWS, Lamongan – Pilkades serentak di Kabupaten Lamongan bakal diselenggarakan pada September 2019 mendatang. Dari 385 desa yang akan melaksanakan Pilkades, ada sekitar 50 calon kepala desa pasangan suami istri yang bertarung dalam pemilihan kades serentak nanti.

“Sekarang ini ada sebanyak 50 Cakades pasangan suami istri yang maju,” kata Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Lamongan, Abdul Khowi, Senin (08/07).

Dikatakan Khowi, banyaknya calon kepala desa yang diisi hanya oleh pasangan suami istri adalah lantaran di desa tersebut masyarakatnya tidak ada yang mau maju Cakades. “Pasangan suami istri yang maju Cakades tersebut, ada yang incumbent dan ada pendatang baru. Tapi juga banyak incumbent yang maju lagi mendapat penantang pendatang baru,” sambungnya.

Menurutnya, munculnya pasangan suami istri itu selain karena tidak ada rival yang maju, juga hingga batas pendaftaran hanya satu calon. “Makanya sebelum pendaftaran ditutup, Cakades itu meminta suami atau sebaliknya istri untuk sama – sama maju,” katanya.

Lebih jauh Khowi menjelaskan, sampai pada perpanjangan masa pendaftaran hingga dua puluh hari, masih saja ada sejumlah desa yang hanya satu calon. “Ya itu, akhirnya calon meminta suami atau istri sama – sama maju. Ada juga yang meminta kerabat dekatnya,” terangnya.

Menurutnya secara aturan itu diperbolehkan dan yang tidak boleh dilaksanakan adalah calon tunggal serta maksimal hanya lima orang calon kepala desa. “Yang pasti, kata Khowi, semua desa yang akan menggelar Pilkades, semuanya bisa melaksanakannya pada bulan September, ” ujarnya.

Khowi menegaskan banyaknya Sekdes yang ditunjuk sebagai Pj Kades hendaknya menjaga netralitas. Tidak hanya Pj Kades yang netral semua panita harus menjalankan tugas sesuai dengan aturan. “Seluruh panitia masing – masing desa harus netral dan tidak boleh memihak salah satu calon kades, ” tandasnya.(prap)

Keterangan gambar: Ilustrasi Pilkades.(ist)

Related posts

Leave a Comment