12 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Pantai Paciran

ADAKITANEWS, Lamongan – Dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional di bulan ramadan yang penuh berkah, Pokmaswas Samodra Lestari bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Kabupaten Lamongan melakukan gerakan penanaman mangrove dan konservasi di kawasan Pantai Paciran Kabupaten Lamongan, Senin (20/05) sore.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Paciran, Organisasi Masyarakat (Ormas) dari NU dan Muhammadiyah, Karang Taruna dan relawan peduli lingkungan.

Mengingat ancaman kepunahan khususnya tanaman mangrove di beberapa titik kawasan pantai di wilayah Paciran, Pokmawas Samodra Lestari dan Dinas Perikanan dan Kelautan bersama elemen masyarakat berinisiatif untuk peduli terhadap dampak abrasi.

Hal itu dikarenakan populasi hutan mangrove di Paciran sendiri lambat laun akan punah seiring banyaknya perkembangan industri yang membangun perusahaan di sepanjang pesisir Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.

Ketua Pokmawas Samodra Lestari, Imamur Rosyidin mengatakan, kegiatan tersebut tujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dari abrasi dan supaya tidak punah serta bisa jadi ekowisata mangrove Paciran. “Ada sekitar 12 ribu pohon mangrove yang kita tanam untuk menjaga kelestarian lingkungan dari abrasi dan supaya tidak punah,” jelasnya.

Penanaman pohon mangrove ini diadakan di pantai paling barat Desa Paciran yang berbatasan langsung dengan Desa Kandangsemangkon Kecamatan Paciran. “Di tempat ini nantinya bakal menjadi Ekowisata Mangrove yang ada di kawasan Pantai Kecamatan Paciran,” tandasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Pokmawas Samodra Lestari dan elemen masyarakat saat menanam pohon mangrove.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment