Kementan Salurkan 28.450 Ekor Ayam kepada RTMP di Nganjuk

ADAKITANEWS, Nganjuk – Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat., S.Sos,M.M., menghadiri acara Penyerahan Bantuan Program Bekerja 2019 yang diberikan oleh Kementerian Pertanian RI kepada warga Desa Ngumpul Kecamatan Bagor, Rabu (11/09).

Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir Sugiono, MP., mengatakan, program bantuan ini bertujuan untuk membantu para RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) agar memiliki hidup yang lebih layak. Setiap rumah tangga miskin terverifikasi, mendapatkan bantuan 50 ekor ayam, 150 kilogram pakan, dan obat-obatan serta kandangnya.

“Modal 50 ekor ayam ini akan bisa berkembang jadi 500, 1.000 dan seterusnya bila dirawat dengan baik,” ujarnya.

Dalam Program Bekerja ini, warga juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang cara beternak ayam dalam bentuk bimbingan teknis.

Kecamatan Bagor merupakan salah satu sasaran program Bekerja di Kabupaten Nganjuk dengan jumlah RTMP sebanyak 569. Total bantuan ayam yang diberikan, yakni sebanyak 28.450 ekor, 85.350 kilogram pakan ternak, 569 unit kandang dan 1 paket obat hewan.

Sementara itu Ketua Tim Pakar Kementan RI, Dr Bibit Samad Rianto, MM mengatakan, ada tim pengawas dari Program Bekerja yang nantinya akan memantau perkembangan ternak ayam bantuan ini.

Hal sama juga disampaikan Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat. Ia mengaku menyambut baik Program Bekerja Sendiri yang telah dilaksanakan selama dua tahun ini. ”Harapannya, semoga setelah diberi bantuan ini, perekonomian warga desa bisa meningkat,” katanya.(*/kur)

Keterangan gambar: Penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian kepada warga di Desa Ngumpul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.(dok nganjukkab.go.id)

Related posts

Leave a Comment