BLT Covid-19 Gunakan Dana Desa, Dicairkan Lewat Rekening

ADAKITANEWS, Lamongan – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lamongan, Khusnul Yaqin menegaskan, pelaksanaan program pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid -19 yang menggunakan Dana Desa (DD) untuk masyarakat terdampak pandemi virus Corona atau Covid -19 memiliki mekanisme yang perlu dipahami.

Khusnul menjabarkan, yang pertama adalah besaran atau prosentase Dana Desa yang dialokasikan pada BLT Covid-19. Yakni desa dengan Dana Desa kurang dari Rp 800 juta, alokasi BLT-nya maksimal 25 persen. Sedangkan Dana Desa Rp 800 juta sampai Rp 1,2 miliar, alokasi BLT-nya maksimal 30 persen.

“Desa yang Dana Desanya-nya lebih dari Rp 1,2 miliar, alokasi BLT-nya maksimal 35 persen,” jelasnya, Senin (27/04).

Lebih lanjut ia menjelaskan sasaran Bantuan Langsung Tunai adalah masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19, orang tua yang mengalami penyakit kronis serta keluarga miskin yang belum tercover oleh Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Langsung Non Tunai (BLNT).

“Pendataannya dilakukan mulai dari tingkat RT, RW hingga Pemerintah Desa, yang nantinya akan divalidasi dan difinalisasi melalui Musyawarah Desa (Musdes) khusus,” ujarnya.

Selanjutnya adalah penetapan data penerima BLT Desa diterbitkan SK yang ditandatangani Kades dan dilaporkan dan disahkan oleh Bupati. “Kemudian data tersebut akan dibuatkan rekening Bank Jatim, yang akan digunakan untuk proses pencairan BLT,” terangnya.

Menurutnya pasal penyaluran BLT di Lamongan telah disepakati bersama, bahwa hanya dilakukan melalui cara non tunai, meskipun Menteri Desa memperbolehkan melalui tunai.

“Cara non tunai melalui Bank selain aman, juga akan mendukung pemerintah dalam menerapkan social distancing dan physical distancing,” tutur Khusnul.

Khusnul menambahkan sementara untuk pelaksanaan BLT Covid-19 di Lamongan, saat ini dalam tahap validasi dan finalisasi data melalui Musdes.(prap)

Keterangan gambar : Kepala Dinas PMD Lamongan, Khusnul Yaqin .(ist)

Related posts

Leave a Comment