83 Desa di Lamongan Terpetakan Rawan Konflik

ADAKITANEWS, Lamongan – Agar tercipta suasana damai dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkades serentak 15 Seprember 2019, sebanyak 897 Calon Kepala Desa mengikuti aksi deklarasi damai disaksikan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Pendopo Loka Tantra Lamongan, Kamis (05/09).

Diharapkan dengan adanya deklarasi ini, dapat menciptakan situasi dan kondisi damai menyambut kompetisi Pilkades serentak di Kabupaten Lamongan.

Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, deklarasi damai menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya konflik dalam pelaksanaan Pilkades. Berdasarkan hasil pemetaan, ada sekitar 83 desa yang memiliki potensi terjadinya konflik, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. “Ada sekitar 83 desa yang akan kita fokuskan untuk maksimalkan dan akan kita profiling kembali menjelang pelaksanaan Pilkadesnya,” ungkap AKBP Feby.

AKBP Feby menambahkan, jumlah tersebut tidak mutlak dan masih bisa berubah, tergantung perkembangan yang terjadi di lapangan. Namun tidak menutup kemungkinan akan semakin turun, karena kita berupaya preventif untuk mencegah potensi konflik.

Selain mengajak Cakades untuk melakukan deklarasi damai, pihaknya juga melakukan upaya lain untuk menjaga pelaksanaan Pilkades di Lamongan tetap kondusif.

“Harapannya pada saat pelaksanaan bisa mengurangi potensi konflik. Maka Polres Lamongan bersinergi dengan Kodim 0812 Lamongan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan dalam menjaga kondisifitas keamanan wilayah Lamongan, seperti dua hari ini telah melaksanakan pengesahan PSHT Alhamdulillah berjalan dengan aman dan damai,” tandasnya.

Sayangnya saat deklarasi damai tersebut, ada sejumlah Cakades yang tidak hadir. Hal itupun membuat Bupati Lamongan, Fadeli kecewa dan menilai bahwa Cakades yang tidak datang di acara deklarasi damai adalah calon yang belum siap menang. “Dari 897 calon, tidak semuanya hadir. Yang tidak hadir ini berarti belum siap menang,” katanya.

Fadeli menyebut, hampir setiap kecamatan ada yang tidak hadir. Yang hadirpun disanjung Fadeli, sebagai ksatria dan benar-benar memahami demokrasi. Fadeli berharap, Cakades yang hadir dalam acara kali itu dapat bersaing secara sehat dan tetap menjaga keutuhan di tengah – tengah masyarakat.

“Saya melihat semangat untuk tetap kompak, guyub, rukun, Insya Allah nanti pelaksanannya tetap aman dan sukses,” tandasnya.

Sekadar diketahui, pada penyelenggaraan Pilkades serentak 2019 ini, di Kabupaten Lamongan ada 385 desa yang akan melaksanakan pilkades. Jumlah tersebut tersebar di 27 wilayah kecamatan dan diikuti sebanyak 897 peserta. Dari jumlah itu, ada 303 orang calon incumbent dan 41 orang mantan Kades.(prap)

Keterangan gambar : Para Cakades saat deklarasi di depan Forkopimda di Pendopo Pemkab Lamongan.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment