Tak Khawatirkan Perubahan Cuaca, BPBD Blitar Tetap Ingatkan Masyarakat Untuk Waspada

ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan, perubahan cuaca yang terjadi saat ini tergolong wajar. Hal itu, karena saat ini bumi sedang berada di titik Aphelion, yakni posisi bumi berada jauh dari matahari.

Heru menjelaskan, kondisi tersebut menyebabkan suhu bumi menjadi lebih dingin dan mencapai titik minimumnya. “Perubahan cuaca itu hal biasa. Kondisi itu menandakan adanya perubahan musim, untuk saat ini dari musim hujan ke musim kemarau,” ungkapnya, Sabtu (07/07).

Menurutnya, kondisi seperti ini juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya ketika pergantian musim. Perubahan cuaca yang terjadi yakni suhu naik tapi mendadak suhu menjadi turun yang mengakibatkan suhu menjadi dingin. Selain itu, masih ada hujan ringan yang turun dan angin kencang.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, setiap pergantian musim selalu diiringi dengan pergantian cuaca yang sangat mendadak,” jelasnya.

Meski dalam kategori wajar, lanjut Heru, tetapi pihaknya tetap mengingatkan kepada warga untuk tetap waspada dan hati-hati. Sebab, bukan tidak mungkin pergantian cuaca tersebut bisa menjadi ekstrem yang memicu adanya bencana alam.

“Namun, berdasarkan prakiraan cuaca, untuk saat ini kondisi masih normal,” pungkasnya.

Heru menambahkan, saat ini pihaknya lebih mewaspadai adanya bencana kekeringan pada puncak kemarau tahun ini. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan memetakan daerah yang rawan terhadap kekeringan.

“Kami akan melihat prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk melihat daerah yang rawan terhadap kekeringan,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Heru Irawan, Kepala BPBD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment