Sidak Pembangunan Pasar Kanigoro, Bupati Minta Segera Dilakukan Evaluasi

ADAKITANEWS, Blitar – Pembangunan tahap pertama berupa bangunan induk Pasar Kanigoro yang berada di Kelurahan Satreyan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sudah selsai sejak akhir 2018. Saat ini, sedang dilakukan tahapan menuju pembangunan tahap dua berupa perlengkapan fasilitas pasar, baik bagian luar maupun dalam.

Untuk memastikan pembangunannya berjalan lancar, Bupati Blitar bersama jajarannya meninjau langsung kelokasi, Kamis (04/04). Bahkan, konsultan perencana pembangunan pasar juga turut dihadirkan.

Ditemui di sela-sela sidak, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, secara fisik memang ada bangunan yang belum selesai, dan akan dilanjutkan pembangunan berupa penyempurnaan. Menurutnya, saat ini pembangunan lanjutan atau tahap dua sudah memasuki proses tender.

“Pembangunan lanjutan tahun ini meliputi halaman, hydran, ipal, dan lain-lain. Nantinya jika sudah selesai, pedagang yang saat ini menempati Pasar Kanigoro lama baru bisa dipindah. Kalau targetnya, pembangunan tahun ini bisa selesai,” kata Bupati.

Saat tinjauan, orang nomor satu di Kabpaten Blitar ini berpesan agar seluruh tim dalam pembangunan Pasar Kanigoro mengadakan evaluasi. Mengingat saat ini masih ada waktu dan kesempatan. Selain itu, pembangunan tahap pertama juga masih dalam masa pemeliharaan.

“Semoga pembangunannya terus berjalan lancar. Agar penataan kota kanigoro juga bisa berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono mengatakan, pembangunan Pasar Kanigoro baru merupakan rangkaian pengembangan Kota Kanigoro, dimana akan diadakan zonasi terkait pemetaan pasar supaya menambah keindahan kota. Ia mengaku, pihaknya dituntut segera menyelesaikannya. Sebab juga berkaitan dengan program berikutnya.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya tepat waktu. Kalau untuk saat ini masih tahap proses lelang. Tapi kita yakin dalam waktu dekat pembangunan tahap kedua segera dilakukan,” paparnya.

Masih di tempat yang sama, konsultan perencana pembangunan Pasar Kanigoro, Yosi Kurniawan mengatakan, dalam kunjungan Bupati ada beberapa masukan atau evaluasi. Satu diantaranya masalah meja pedagang yang dinilainya terlalu tinggi. Ia pun memastikan akan mengatur lagi pada pembangunan tahap kedua.

“Untuk tahap kedua pelaksanaanya tidak hanya satu rekanan, karena juga mengejar waktu. Kalau satu rekanan pekerjaan yang lain nanti akan menunggu.Sehingga kalau melibatkan banyak rekanan, maka pekerjaan akan semakin cepat,” imbuhnya.

Yosi menambahkan, pembangunan tahap kedua bagian dalan meliputi foodcourt, meneruskan pekerjaan yang kurang di tahap satu, dan penyekat ruang, dan lain-lain. Sementara bagian luar meliputi musala, hydran, ipal, pagar keliling, drainase keliling dan lain-lain.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana sidak.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment