Semester Pertama, Realisasi PAD di Blitar Capai 56,09 Persen

ADAKITANEWS, Blitar – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar baru melakukan evaluasi terhadap pencapaian realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) semester pertama tahun 2019. Hasilnya, realisasi PAD semester pertama sudah mencapau 50 persen lebih.

Kepala Bapenda Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, sesuai hasil evaluasi pencapaian realisasi PAD semester pertama tahun ini mencapai 56,09 persen dari target sekitar Rp 237 miliar. Menurutnya, angka ini meningkat dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.

“Ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya di periode yang sama. Peningkatan mencapai 5,19 persen dimana pada tahun 2018 hanya 50,91 persen,” kata Ismuni, Rabu (10/07).

Lebih lanjut Ismuni menuturkan, pencapaian yang baik tersebut menunjukkan bahwa kinerja pendapatan ada peningkatan. Rata-rata kalau dilihat dari rasio efektifitas daerah, sangat efektif karena sudah melampaui target yang ditetapkan dalam peraturan Bupati sebesar 40 persen.

“Dari 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) rata-rata realisasinya efektif. Buktinya secara keseluruhan sudah melampaui target yang ditentukan Bupati,” ujarnya.

Ismuni menambahkan, realisasi tertinggi dipegang oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah yang mencapai 78,82 persen atau Rp 17,2 miliar dari target Rp 23,3 miliar. Kemudian dibawahnya ada Dinas Lingkungan Hidup mencapai sekitar 70 persen.

“Kalau paling rendah adalah Dinas PUPR, dari target Rp 3 miliar masih tercapai Rp 869 juta,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Ismuni, Kepala Bapenda Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment