Rebus Ketela Rambat, Dua Rumah Terbakar

ADAKITANEWS, Lamongan – Dua rumah milik warga Desa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan terbakar, Jumat (08/11) pagi. Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Akibat kejadian tersebut, dua korban mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 60 juta.

Kasubbag Humas Polres Lamongan, AKP Djoko Bisono menjelaskan, kebakaran yang terjadi di dua rumah milik H Sukiyat, 65, dan H Sunarko, warga Dusun Jladri Asri Desa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan bermula saat istri Sunarko sedang merebus ketela rambat di atas tungku dapur rumah milik Sukiyat dengan menggunakan kayu bakar.

“Hj Parmi Rahmawati, istri Sunarko ini merebus ketela dengan menggunakan panci di atas tungku dengan menggunakan kayu bakar. Begitu api sudah menyala oleh Hj Parmi Rahmawati ditinggal mencuci piring di rumahnya,” jelasnya.

Tidak jauh dari dapur tungku api, terdapat juga tumpukan kayu yang sudah mengering. Kemudian api tersebut menjalar dan membakar tumpukan kayu yang sudah mengering tersebut. “Begitu sudah selesai, lalu Hj Parmi Rahmawati kembali ke tempat dia merebus ketela rambat. Namun dia merasa terkejut, sebab api sudah membakar kayu tumpukan dan dinding dapur rumah yang terbuat dari papan,” kata AKP Djoko.

Melihat kejadian tersebut, Hj Parmi Rahmawati berusaha memadamkan api dengan cara menyiram air. Akan tetapi api semakin membesar dan tidak bisa dipadamkan. Sehingga dia berteriak minta tolong dan tidak lama kemudian warga berdatangan.

“Karena api sudah membesar, sehingga rumah milik H Sukiyat ludes terbakar. Sedangkan rumah milik H Sunarko karena berdekatan lantai dua atapnya ikut terbakar,” tambahnya.

Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Sugio dan diteruskan menghubungi Pemadam Kebakaran. Api berhasil dipadamkan setelah dua unit Mobil PMK datang. “Api diduga berasal dari dapur tungku. Petugas juga mengamankan barang bukti sebuah panci yang sudah terbakar,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: Rumah milik korban yang terbakar.

Related posts

Leave a Comment