PWI Goes To Banyuwangi, Belajar Konsep Menata Kota Wisata

ADAKITANEWS, Banyuwangi – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan studi banding ke Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (21/12) hingga Minggu (22/12). Dalam kegiatan tersebut, PWI Sidoarjo ingin mengetahui konsep yang digagas Pemkab Banyuwangi terkait penataan kota, khususnya keterlibatan wartawan sehingga Banyuwangi bisa lebih dikenal masyarakat luas.

Rombongan awak media baik media cetak, elektronik maupun online yang tergabung dalam PWI Sidoarjo tiba di kantor Pemkab Banyuwangi sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung disambut oleh Ketua PWI Banyuwangi, Saifuddin Mahmud serta Kabag Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Yusdi Irawan.

Diskusi interaktif antar wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI bersama dengan pihak Pemkab Banyuwangi tersebut berlangsung santai dan penuh keakraban. Baik PWI Sidoarjo, PWI Banyuwangi, maupun Pemkab Banyuwangi yang diwakili oleh Kabag Humas dan Protokol, Yusdi Irawan pun saling bertukar pengalaman dan informasi.

“Kepada teman-teman PWI Sidoarjo, kami ucapkan selamat datang di Bumi Blambangan (julukan Kabupaten Banyuwangi,red),” sambut Saifuddin Mahmud didampingi beberapa pengurus dan anggota PWI Banyuwangi.

Kepada rombongan PWI Sidoarjo, Saifuddin Mahmud menjelaskan bahwa di Banyuwangi hubungan Pemerintah Daerah dengan awak media tergolong sangat baik. “Bapak Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas sangat dekat dengan teman-teman wartawan. Mungkin salah satunya karena beliau dulu juga pernah menjadi wartawan. Jadi mengerti bagaimana berkolaborasi dengan media untuk memajukan Banyuwangi,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Yusdi Irawan yang menjelaskan konsep “Super Team” yang digagas oleh Bupati Banyuwangi. “Karena di sini bukan Superman, tetapi Super Team. Jadi ini merupakan inovasi dan kolaborasi semua pihak. Baik SKPD maupun bersama dengan rekan-rekan dari media,” tukasnya.

Yusdi menambahkan, terkait publikasi potensi wisata di Banyuwangi, Bupati sangat mendukung. Bahkan tak jarang menugaskan pihak Humas untuk mendampingi media, mengupas habis daerah-daerah wisata agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat. “Pak Bupati bahkan menugaskan kami (Humas,red) untuk secara khusus mendampingi jika ada media yang ingin mendalami destinasi wisata di Banyuwangi,” tambahnya.

Di akhir pertemuan, Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf pun mengucapkan terimakasih kepada PWI Banyuwangi dan pihak Pemkab Banyuwangi atas sharing informasi yang ditularkan. Termasuk salah satunya kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dan awak media sehingga berbagai potensi di Kabupaten Banyuwangi benar-benar bisa didengar dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Bumi Blambangan.

Pasca menggelar pertemuan dengan PWI Banyuwangi dan Pemkab Banyuwangi, rombongan juga diantar berkeliling ke beberapa lokasi di pusat kota. Salah satunya melihat dan mencoba air dari Sumur Sritanjung yang konon jika membasuh muka dengan air tersebut bisa menjadikan awet muda.(kur)

Keterangan gambar: Pertemuan antara PWI Kabupaten Sidoarjo dengan PWI Banyuwangi serta Kabag Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Yusdi Irawan.(ist)

Related posts

Leave a Comment