Peringati HUT Satpam ke-39, Kapolres: Tegaskan Posisi Jabatan Satpam, Jangan Diduduki Oleh Orang Asing

ADAKITANEWS, Lamongan – Kapolres Lamongan, AKBP Harun S.I.K,S.H memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-39 Satuan Pengamanan (Satpam) di halaman Mapolres Lamongan, Rabu (22/01) pagi. Kegiatan tersebut dihadiri para pimpinan perusahan dan badan usaha pengguna Satpam di Kabupaten Lamongan, dan diisi dengan pengucapan prinsip dasar tugas satuan pengamanan dengan mengangkat tema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

Dalam kesempatan itu, AKBP Harun membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz yang antara lain menyampaikan bahwa peringatan ini dilaksanakan serentak di Polres-Polres dengan maksud untuk mengetahui penggelaran potensi Satuan Pengamanan swakarsa di wilayah masing-masing, sebagai mitra keseharian dalam mengembang fungsi Kepolisian di lapangan.

“Semakin kita sadar bahwa anggota Satuan Pengamanan memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara kita. Oleh karenanya penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapat atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri,” kata Kapolres membacakan amanat.

AKBP Harun mengajak para peserta upacara sejenak mendoakan Kapolri ke-8, Jendral Polisi (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin M.P.A dan anggota Satpam yang telah berjasa besar dalam membesarkan, mengembangkan dan memajukan Satpam. Satpam merupakan mitra Polri dalam memelihara Kamtibmas sehingga diperlukan kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan kamtibmas.

“Saya ingin menegaskan, jangan sampai posisi atau jabatan security pada industri strategis dan objek vital nasional diduduki oleh orang asing. Posisi security dalam organisasi hendaknya dipegang oleh anggota satuan pengamanan yang memenuhi regulasi yang mengaturnya,” kata Kapolres.

Kapolres Lamongan juga menyampaikan pesan Kapolri kepada anggota Satuan Pengamanan antara lain agar memelihara dan memantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam, bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja.

“Selain itu, Satpam dituntut selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi di tahun politik mendatang, meningkatkan komunikasi koordinasi dan kemitraan dengan Polri dan instansi terkait di lapangan serta berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security,” tandasnya.

Usai upacara, diberikan ucapan selamat kepada Satpam oleh Kapolres Lamongan, Wakapolres dan pejabat utama serta tamu undangan yang hadir, kemudian ditutup dengan berbagai macam peragaan dari masing-masing Satpam yaitu tongkat dan borgol.(prap)

Keterangan gambar: Kapolres Lamongan, AKBP Harun saat memimpin upacara HUT Satpam ke-39.(ist)

Related posts

Leave a Comment