Nelayan di Lamongan Dapat Coaching Clinic

ADAKITANEWS, Lamongan – Sat Lantas Polres Lamongan memberikan pelayanan pelatihan ketrampilan pengemudi kendaraan atau Coaching Clinic kepada masyarakat nelayan Lamongan di wilayah Pantura yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.

Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Danu Anindhito Kuncoro Putra menjelaskan, dalam kegiatan coaching clinic tersebut, petugas memberikan pengarahan dan pelatihan dasar ketrampilan ujian praktik mengemudi.

Materi lainya yaitu kiat-kiat cara melaksanakan ujian praktik SIM lapangan, sehingga pemohon SIM memiliki dasar tata cara ujian praktik SIM dengan terampil. “Jadi masyarakat ada kesempatan belajar dulu baru diuji. Ini merupakan Program Unggulan Sat Lantas dalam perolehan SIM bagi nelayan dengan Program Unggulan SEMPAL,” ungkapnya, Rabu (04/09).

Menurut AKP Danu Anindhito Kuncoro Putra, coaching clinic ini bertujuan untuk melatih masyarakat tertib berlalulintas, utamanya saat berkendara di jalan raya sehingga terhindar dari kecelakaan lalulintas.

“Dan manfaat lainnya dari coaching clinic ini juga untuk melatih masyarakat mempermudah dalam mengikuti uji praktik pembuatan SIM. Karena di coaching clinic ini diantara materinya adalah pengujian saat pembuatan SIM,” paparnya.

Sementara itu salah satu peserta coaching clinic, Hilal Ahmar mengatakan, dengan adanya pelatihan ini membuat warga nelayan pantura Lamongan memiliki kemampuan berkendara dengan benar. “Selama ini orang Pantura Lamongan kesulitan untuk belajar atau pelatihan praktik SIM, sehingga saat membuat SIM tidak lulus dan besoknya harus mengulang lagi,” terangnya.

Dia juga meminta kepada Sat Lantas Polres Lamongan kedepannya bukan praktik ketrampilan saja, tapi juga bisa langsung praktik atau pembuatan SIM di Pantura. Hal itu karena masyarakat di Pantura khususnya nelayan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melaut. Serta jarak Kecamatan Paciran ke Polres Lamongan cukup jauh yakni kurang lebih 43 kilometer.

“Kami mewakili masyrakat Pantura memohon kepada Bapak Kapolres, Bapak Kasatlantas supaya kedepannya bukan praktik ketrampilan saja tapi langsung praktik SIM bisa dilakukan di Pantura. Karena itu sangat membantu sekali seluruh masyarakat Pantura terutama nelayan,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: Anggota Sat Lantas Polres Lamongan saat memberikan pelatihan ketrampilan pengemudi kendaraan.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment