Gelar Latihan Simulasi Bencana Banjir Terpadu

ADAKITANEWS, Lamongan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan bersama Polres dan Kodim 0812 Lamongan menggelar latihan Simulasi Bencana Banjir Terpadu di pelataran halaman Kantor Dinas Sosial Kabupaten Lamongan, Rabu (08/01) pagi.

Pantauan Tim Adakitanews di lapangan, suara sirine meraung – raung yang muncul dari 6 kendaraan yakni 2 truk, 2 ambulans dan 2 kendaraan evakuasi BPBD keluar masuk pintu gerbang kantor Dinas Sosial Lamongan di dua arah dengan membawa sejumlah peralatan untuk pertolongan korban bencana alam.

Latihan simulasi pertolongan korban banjir yang disaksikan langsung oleh Kapolres Lamongan, AKBP Harun dan dipandu oleh instruktur dari Polres, Kodim 0812 serta BPBD Lamongan berlangsung sangat singkat. Kegiatan simulasi tersebut terpusat pada bencana pohon tumbang yang menimpa seorang korban dan pertolongan pada seorang korban tenggelam.

Sayangnya saat adegan pemotongan pohon tumbang yang menimpa korban, gergaji senso tidak bisa difungsikan karena kehabisan bahan bakar. Kabag Ops Polres Lamongan, Kompol Slamet pun bergegas meminta anggotanya untuk segera membeli premium untuk praktik pemotongan pohon dalam proses pertolongan korban. “Cepat, cepat belikan BBM. Bawa sepeda motor biar cepat,” perintah Kompol Slamet memerintah anggotanya.

Simulasi pertolongan pada korban bencana pun akhirnya berjalan lancar. Korban tertimpa pohon berhasil dievakuasi dan diangkut menggunakan perahu karet karena insidennya di lokasi banjir. Sementara korban meninggal akibat terseret arus air juga berhasil dievakuasi.

Piranti saat latihan digelar nyaris sempurna lantaran dilengkapi dengan peta teritorial, peta logistik, data operasi, peta administrasi, peta situasi dan peta induk. Perbekalan dapur umum dan juga tim kesehatan serta sarana prasarana untuk pertolongan bencana semua lengkap dikerahkan saat latihan simulasi.(prap)

Keterangan gambar: Tim Gabungan penanggulangan bencana alam saat menggelar latihan menolong korban bencana alam.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment