DPRD Kota Madiun Punya Anggota Baru

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Setelah sempat tidak lengkap selama beberapa waktu, akhirnya formasi anggota DPRD Kota Madiun pada Jumat (22/09) malam bisa kembali utuh 30 orang. Hal itu setelah dilantiknya anggota DPRD baru melalui mekanisme Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Partai Gerindra, Dra Sucihari.

Sucihari dilantik dan diambil sumpahnya secara langsung oleh Ketua DPRD Kota Madiun, Istono di hadapan anggota DPRD serta para tamu undangan, melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Madiun yang bersifat istimewa.

Ketua DPRD, Istono dalam sambutannya menyatakan rangkaian acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Pengganti Antar Waktu mengacu pada pasal 6 ayat 3 Peraturan pemerintah Nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tentang tata tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, bahwa anggota DPRD Pengganti Antar Waktu sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah atau janji yang dipandu oleh Ketua atau Wakil Ketua DPRD melalui rapat paripurna istimewa.

“Pengangkatan Dra Sucihari selain dari keputusan Gubernur Jawa Timur sekaligus mempertimbangkan hasil rapat pimpinan DPRD Kota Madiun yang di lakukan pada Senin (18/09),” lanjut Istono.

Masih menurut Istono, sesuai pasal 105 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2010 bahwa masa jabatan anggota DPRD Kota/Kabupaten Pengganti Antar Waktu, akan melanjutkan sisa masa jabatan anggota DPRD yang digantikannya.

Ditemui awak media seusai pelantikan, Dra Sucihari mengaku jika proses PAW ini dilalui dengan musibah, yaitu meninggalnya Sukoyo. Namun karena sudah menjadi keharusan maka dirinya harus siap dengan keadaan apapun, termasuk akan segera menyesuaikan diri dengan kinerja DPRD yang ada saat ini.

“Proses PAW ini diawali dengan musibah terlebih dahulu dengan meninggalnya pak Koyo (Sukoyo,red). Sebenarnya prihatin namun karena ini adalah sebuah keharusan dan sesuai aturan maka saya harus siap, dan saya pribadi akan segera menyesuaikan diri dengan irama kerja rekan – rekan DPRD saat ini,” terang Sucihari.

Lebih lanjut Sucihari menyatakan, kehadirannya di legislatif adalah mewakili partai dan masyarakat. Maka Ketua Partai Gerindra berdasarkan pengakuannya, memberikan wejangan agar selalu menjaga nama baik partai serta bertindak sebagai wakil rakyat yang sebenar – benarnya.(bud)

Keterangan gambar : Pengambilan sumpah serta pelantikan anggota DPRD PAW oleh Ketua DPRD Istono.(foto :budiyanto)

Related posts

Leave a Comment