Capaian 2018 Tak Sesuai, Target PAD BPKAD Blitar Diturunkan

ADAKITANEWS, Blitar – Secara keseluruhan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Untuk tahun 2018, target PAD senilai Rp 233,9 miliar. Sementara tahun 2019 ini, naik menjadi Rp 237,3 miliar. Namun dari 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinaikkan targetnya, ada satu OPD yang justru diturunkan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, satu OPD yang diturunkan targetnya adalah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Selama 2018 lalu, target PAD BPKAD senilai Rp 24,7 miliar. Sementara tahun ini diturunkan 5,46 persen menjadi sekitar Rp 23,3 miliar.

“Penurunan ini dikarenakan selama tahun 2018 BPKAD tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan, sehingga kita menurunkan target PADnya dengan menyesuaikan potensi yang ada di BPKAD,” kata Ismuni, Sabtu (09/02).

Selain itu menurut Ismuni, jika target PAD yang dibebankan pada BPKAD tetap sama seperti tahun lalu, maka dikhawatirkan tidak bisa mencapai target kembali. Meski penurunannya sedikit, namun juga bisa berdampak pada pemasukan PAD Kabupaten Blitar.

“Untuk 10 OPD lainnya ada yang targetnya kita naikkan dan ada yang masih tetap sama dengan tahun 2018. Penetapan target PAD itu juga sudah kita sesuaikan dengan kondisi OPD masing-masing,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ismuni, Kepala Bapenda Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment