BPBD Semprot Desinfektan ke Desa Yang Masuk Zona Merah

ADAKITANEWS, Lamongan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan bersama Muspika Kecamatan Karanggeneng melakukan penyemprotan desinfektan di Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng yang merupakan masuk desa zona merah.

Kasi Tanggap Darurat BPBD Kabupaten Lamongan, Muslimin mengatakan, penyemprotan ini dilakukan sebagai usaha memutus mata rantai virus yang sering disebut korona tersebut.

“Tempat – tempat yang dilakukan penyemprotan terkosentrasi kepada rumah warga yang dinyatakan positit berserta lingkungannya. Selain itu fasilitas umum tak luput dari penyemprotan,” jelasnya, Kamis (21/05).

Muslimin melanjutkan, kegiatan penyemprotan ini kita lakukan secara continue dan maksimal sampai status tanggap darurat belum dicabut. “Untuk hari ini kami melakukan penyemprotan di Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng dan Desa Tunjungmekar. Kemudian Kecamatan Kalitengah dan di Made Kecamatan Lamongan,” ujarnya.

Muslimun juga berharap kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sesuai protokol imbauan pemerintah.

“Tidak berkunjung ke tempat-tempat keramaian maupun berkumpul dengan jumlah masa yang banyak serta kurangi bersentuhan dengan warga lainnya,” harapnya.

Sementara itu Camat Karanggeneng, Bekti Aprianto melalui Sekcam Dian Sukmana menambahkan, Desa Sumberwudi sejak hari Senin dinyatakan dengan status Desa Tanggap Darurat Covid-19. Ini berarti peningkatan perhatian dan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 ini harus lebih tinggi karena jumlah yang terpapar disinyalir meningkat.

“Mulai Senin kemarin, Desa Sumberwudi sudah meningkat statusnya. Saya mengharapkan Pemerintah Desa dan warga Desa Sumberwudi lebih bisa menjaga lingkungannya dengan mengikuti protap kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” terang Dian.

Salah satu warga setempat Didik mengatakan Desa Sumberwudi merupakan desa yang meningkat statusnya menjadi Desa Tanggap Darurat Covid-19 sejak satu minggu terakhir akibat tiga orang warganya terkonfirmasi positif terkena Covid-19.

“Sehingga desa yang memiliki tiga dusun tersebut mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Lamongan. Lokasi penyemprotan yang dititik beratkan di wilayah Dusun Glogok dan Dusun Sumberwudi karena memiliki pasien yang dinyatakan postif terkena Covid-19,” pungkasnya.(prap)

Related posts

Leave a Comment