Antisipasi Banjir, Kapolres dan Dandim Tinjau Bendungan Gerak Babat

ADAKITANEWS, Lamongan – Kapolres Lamongan, AKBP Harun dan Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono melakukan peninjauan Bendungan Gerak Babat yang berada di Desa Kendal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Kamis (09/01).

Letkol Inf Sidik Wiyono mengatakan, peninjauan ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana alam dan atau sebelum terjadinya bencana banjir. “Menurut petugas penjaga pintu air Check Dam yang bertugas memonitor perkembangan curah hujan dan elevasi air dalam keadaan masih normal,” kata Letkol Inf Sidik.

Lebih lanjut kata Dandim, untuk mengantisipasi bencana alam khususnya banjir yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi, pihaknya bersama-sama juga akan melakukan beberapa langkah “Diantaranya rapat koordinasi bersama muspika dan BPBD, lakukan pembuatan posko bencana dan pemantauan curah hujan serta menyiapkan peralatan SAR juga,” bebernya.

Sementara itu di tempat yang sama Kapolres Lamongan, AKBP Harun menilai Bendungan Gerak Babat raksasa dengan 25 – 30 juta meter kubik yang dibangun di atas Sungai Bengawan Solo untuk mengontrol banjir ini dalam kondisi normal. “Kami mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap meluapnya air bengawan solo dan bencana yang mungkin timbul seperti tanah longsor, angin kencang dan pohon tumbang,” katanya.(prap)

Keterangan gambar: Kapolres Lamongan, AKBP Harun dan Dandim 0812 Lamongan saat meninjau bendungan gerak Babat.(ist)

Related posts

Leave a Comment