78 Rumah Rusak Disapu Puting Beliung

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sedikitnya 78 rumah dari tiga dusun di Desa Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung rusak akibat terjangan angin puting beliung dan hujan lebat pada Rabu (09/01) petang.

Tiga dusun yang mengalami bencana angin puting beliung tersebut adalah Dusun Krajan Pabyongan dan Selogiri. Rata-rata kerusakan puluhan rumah tersebut, sebagian besar terjadi pada atap.

Menurut penuturan Sukoto, salah satu warga Dusun Pabyongan, kejadiannya berlangsung sangat cepat. “Kejadiannya sekitar dua menit. Sekitar pukul 17.30 WIB, terjadi awan hitam pekat, disertai hujan gerimis. Bersamaan itu ada suara gemuruh dari arah Timur,” tutur Sukoto, Kamis (10/01)

Dia pun berlari keluar rumah untuk melihat yang terjadi. Setelah keluar rumah, beberapa rumah atapnya sudah berhamburan di udara, kemudian disusul hujan deras.

Sementara itu, Sekretaris Desa Penjor, Pranoto menyampaikan, setidaknya ada 78 rumah yang rusak. Termasuk enam kandang sapi yang roboh, serta sebuah masjid yang rusak pada bagian atapnya. “Sementara yang terdata ada 78 rumah yang tusak. Kita masih melakukan pendataan terus sambil menunggu laporan dari masyarakat,” kata Pranoto.

Tambahnya, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. Namun dari estimasi sementara, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sebagian warga mengaku belum mendapatkan bantuan dari perintah setempat. Hal inipun dibenarkan Pranoto. “Belum ada bantuan, baik dari kecamatan maupun BPBD Tulungagung belum ada yang masuk,” ujarnya.

Namun Pranoto mengaku akan berupaya memperoleh bantuan dari pemerintah dengan menyampaikan laporan kerusakan akibat bencana angin puting beliung tersebut.(bac)

Keterangan gambar : Rumah warga yang diterjang angin puting beliung.(ist)

Related posts

Leave a Comment