620 Pejabat Dilantik, Bupati: PNS Harus ‘Melek’ Teknologi

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 620 pejabat administrasi dan fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar dilantik dan diambil sumpah/janji oleh Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (26/03).

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, kegiatan pelantikan dan mutasi merupakan hal yang biasa. Hal ini adalah kebutuhan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta pembinaan pola karier pegawai, sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja. Sehingga para PNS yang dimutasi, diharapkan bisa segera menyesuaikan diri di lingkungan barunya.

“Jadi pengembangan karier pegawai tidak semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menuturkan, saat ini PNS mempunyai tantangan yang berat, karena masuk dalam revolusi generasi keempat atau revolusi industri 4.0, dimana telah membawa perubahan area sosial, area politik, area ekonomi dan budaya.

Menurutnya, kemajuan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial akan mempermudah cara kerja di birokrasi. Namun disisi lain, teknologi dapat memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari PNS. Sehingga, PNS harus melakukan inovasi dan menyederhanakan kerja, memanfaatkan kemajuan teknologi, kemajuan pengetahuan, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

“Saya minta kepada semua PNS agar menguasai teknologi dan pengetahuan supaya mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang serta perkembangan teknologi yang berkembang sangat cepat,” pungkasnya.

Selain itu, kata Bupati, PNS juga harus menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi motor penggerak dalam pembangunan untuk mewujudkan visi misi kita. “Nah, PNS juga harus menjadi teladan kepada masyarakat dengan mengedepankan budi pekerti, etika, dan profesionalisme,” terangnya.

Tak lupa Rijanto juga mengingatkan kepada PNS untuk menjaga netralitasnya pada Pemilu 2019. Selain itu, dirinya juga menghimbau PNS agar menyalurkan hak pilihnya pada 17 April mendatang.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi mengatakan, secara keseluruhan ada 620 pejabat yang dilantik dengan rincian, sebanyak 353 pejabat administrasi, 72 pejabat fungsional, dan 195 Kepala SD/SMP.

“Ini kan mutasi jabatan, sehingga ada penyegaran-penyegaran di lingkup Pemkab Blitar. Harapannya, kinerja bisa lebih maksimal lagi,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Drs H Rijanto MM, Bupati Blitar saat melantik.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment