40 Tangki Air Bersih Sudah Didropping ke Sejumlah Desa

ADAKITANEWS, Blitar – Musim kemarau kali ini datang lebih awal. Dan hingga saat ini, sudah berjalan sekitar dua bulan. Hal ini memberikan dampak berupa kekeringan di sejumlah desa di Kabupaten Blitar dan membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan, hingga kini pihaknya telah melakukan dropping air bersih atau mendistribusikan air bersih sebanyak 40 tangki di beberapa wilayah di Kabupaten Blitar. Distribusi ini mayoritas dilakukan di kawasan Blitar selatan yang mengalami kesulitan mendapat air bersih selama musim kemarau ini.

“Kita sudah distribusikan 40 tangki air bersih. Rata-rata memang masih dilakukan ke Blitar bagian selatan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Heru, Selasa (23/07).

Heru menjelaskan, kurang lebih ada 3 – 4 desa yang mengalami kekeringan, yakni berada di Kecamatan Wates, Wonotirto dan Binangun. Menurutnya, tidak semua desa mengalami kekeringan, namun hanya ada beberapa RT atau beberapa KK yang mengajukan dropping air bersih.

“Jika dibandingan dengan tahun lalu jumlah desa yang mengalami kekeringan relatif berkurang. Ini dikarenakan pemerintah sudah banyak membangun jaringan instalasi air bersih di beberapa desa,” ujarnya.

Heru menambahkan, musim kemarau diprediksi akan berlangsung hingga bulan depan. Pihaknya memastikan akan tetap siap jika sewaktu-waktu ada permintaan dropping air bersih.(fat)

Keterangan gambar: Heru Irawan, Kepala BPBD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment