1.796 Anggota BPD di Nganjuk Dilantik

ADAKITANEWS, Nganjuk – Sebanyak 1.796 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2018-2024 dari 268 Desa di Kabupaten Nganjuk dilantik oleh Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat di pendopo Kabupaten Nganjuk, Kamis (27/12) pagi.

Bupati Nganjuk mengatakan, pasca dilantik anggota BPD yang baru diharapkan untuk segera melakukan konsolidasi untuk membangun iklim kerja yang kondusif, dengan pembagian kerja yang jelas, yang mampu membangun kesatuan dan keselarasan organisasi.

“Momentum ini penting untuk mewujudkan tata kelola birokrasi Pemerintah Desa yang baik dan bebas dari KKN”, terangnya.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemerintahan Desa kedepan harus profesional, efisien dan efektif, terbuka dan bertanggung jawab. Yakni dengan mengesampingkan kepentingan pribadi ataupun golongan, terutama jika itu menyangkut pelayanan publik.

“Reformasi Pelayanan Publik melalui terobosan atau inovasi yang berdampak pada kemajuan birokrasi Pemerintah Desa. Kemudian berikan kepastian kepada warga terkait prosedur pengurusan administrasi, termasuk pengenaan tarif jika ada, sesuai Perdes. Serta pastikan ada layanan jam kerja yang jelas,” paparnya.

Bupati menjelaskan, para BPD juga diminta untuk segera membuat Dokumen Rencana Pembangunan Desa. Yaitu segera merancang dan menetapkan RPJM-Des sebagai pedoman pembangunan jangka menengah desa, sekaligus penterjemahan visi dan misi saat kampanye Pemilihan Pilkades kedepan. “Semua itu harus sejalan dan ada keterkaitannya dengan kebijakan pembangunan daerah dan Pemerintah di atasnya, serta tidak boleh bertentangan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga memberikan pemaparan tentang Program Linier Daerah Nasional. Diantaranya pembangunan infrastruktur desa, percepatan penanggulangan kemiskinan, penciptaan pembukaan lapangan kerja baru untuk mengatasi pengangguran, hingga pencegahan anak putus sekolah, penciptaan inovasi desa, pengembangan wisata desa, hingga ketahanan pangan.

“Juga kerjasama antar lembaga, menjalin kerjasama dengan desa-desa lainnya di wilayah sekitar dalam konteks pembangunan kawasan perdesaan, perkuat jejaring dengan lembaga mitra seperti Karang Taruna, bangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak serta termasuk dengan kalangan pelaku usaha,” pesannya.

Bupati juga meminta bagi para anggota BPD yang telah dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, serta melibatkan semua unsur masyarakat dalam melaksanakan pembangunan desa. “Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk memperoleh dukungan dalam pelakasanaan kegiatan. Jadi, pembangunan desa bisa menjadi lebih ringan,” tambahnya.(ng1)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat saat melantik anggota BPD periode 2018-2024 di Pendopo Kabupaten Nganjuk.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment