Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati: Tanamkan Dalam Hati, Amalkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman pendopo Pemkab Nganjuk, Sabtu (01/06). Dalam peringatan kali itu, Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat mengajak seluruh masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai pancasila di dalam hati, dan mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui momen Hari Lahir Pancasila, Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk, juga mengajak seluruh masyarakat untuk saling menghargai serta menjaga keutuhan NKRI.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi, harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologi hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Mas Novi mengatakan, Pancasila sebagai dasar ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

“Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental Bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno disebut “Jas Merah” untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara,” tambahnya.

Kedua, lanjut Bupati, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila sama halnya dengan membangun kebersamaan dan harapan untuk menyonsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh Bangsa Indonesia. Kita bersatu bersatu membangun bangsa untuk merealisasika tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia kita Pancasila,” pekik Bupati mengakhiri sambutannya.

Selain diikuti oleh ratusan ASN di lingkup Pemkab Ngajuk, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 kali itu juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo, Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nata Wiranta, S.I.K., serta unsur Forkopimda Kabupaten Nganjuk lainnya.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Hari Lahir Pancasila.

Related posts

Leave a Comment