Pemkab Screening Pemakaian Masker di 13 Pasar Se-Kabupaten Kediri

ADAKITANEWS, Kediri – Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kediri bersama dengan Muspika dan petugas pasar melakukan kegiatan screening dan imbauan tentang wajib memakai masker, jaga jarak dan selalu rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, mulai tanggal 10 – 12 Juni 2020 di 13 pasar yang dikelola Pemkab Kediri, mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan screening dan imbauan ini dikhususkan bagi pedagang maupun pembeli yang berkunjung di pasar-pasar tersebut. Bagi penjual yang kedapatan tidak memakai masker, Pemkab meminta mereka untuk pulang dan mengambil masker atau membeli masker terlebih dahulu di toko terdekat. Sedangkan bagi penjual yang tidak memakai masker, dilarang untuk berjualan.

Untuk pemberian masker oleh petugas sudah tidak dilakukan, karena sudah dilaksanakan sosialisasi dan pemberian masker gratis di hari-hari sebelumnya.

“Bagi pasar tradisional atau milik desa yang buka pukul 08.00 WIB – siang, juga dilakukan sosialisasi oleh tim patroli pagi. Jadi setiap pagi pukul 08.30 WIB, Satpol PP terbagi menjadi 2 tim menyisir secara bergantian pada 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri terutama di tempat keramaian termasuk pasar, warung, eks lokalisasi, dan lain-lain,” jelas Toni Subiyanto, SP., Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Kediri.

Selain memfokuskan pada pasar, Satpol PP juga melaksanakan pengamanan di Kawasan SLG, patroli keliling imbauan memakai masker dan physical distancing serta bersama Dinsos melakukan razia anjal dan gepeng.

Pasar-pasar yang dilakukan screening dan himbauan oleh petugas yakni Pasar Pamenang, Pasar Sayur, Pasar Induk, Pasar Bendo di Kecamatan Pare, Pasar Kandangan, Pasar Gurah, Pasar Papar, Pasar Gringging di Kecamatan Grogol, Pasar Tiron di Kecamatan Banyakan, Pasar Mojo, Pasar Ngadiluwih, Pasar Kras, serta Pasar Wates.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Petugas saat menyisir beberapa pasar di Kabupaten Kediri.(dok. Kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment