Pemkab Nganjuk Bagikan Ribuan Tanaman Obat

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pertanian membagi-bagikan ribuan tanaman obat keluarga (TOGA) bagi masyarakat. Pembagian tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Nganjuk, Drs H Taufiqurrahman kepada perwakilan warga dalam acara bertajuk “Gerakan Tanam Cabai dan Pemanfaatan Pekarangan”, di Balai Desa Sekaran Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, Jumat (19/05).

Bupati Nganjuk dalam sambutannya berharap, dengan dibagikannya beragam jenis TOGA dan tanaman lainnya tersebut masyarakat bisa mengisi pekarangannya agar lebih bermanfaat. “Saya berharap, setelah dibagikan bibit-bibit tanaman ini, supaya ditanam selayaknya. Nanti kalau sudah panen, bisa lebih bermanfaat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk, Agoes Soebagijo melalui Kabid Hortikultura, Achmad Zakin mengatakan, ada 48 jenis tanaman obat yang akan dibagikan kepada warga berikut ribuan polybag serta pupuk. “Ada sekitar 78 ribu polybag yang dibagikan. Kemudian berbagai jenis tanaman. Ada tanaman obat, tanaman buah, dan tanaman sayur,” ujarnya.

Achmad Zakin juga menjelaskan, untuk tiap-tiap desa rencananya akan dibagikan sekitar 800 bibit tanaman. Tergantung permintaan dari desa masing-masing. “Kalau di Desa Sekaran ini, mayoritas produsen jamu. Jadi dominannya diberikan tanaman-tanaman obat seperti temu-temuan, jahe, dan lain-lain, yang mengandung obat,” imbuhnya.

Diharapkan dengan memiliki tanaman sendiri, masyarakat nantinya tidak perlu lagi khawatir tentang kenaikan harga, terutama cabai. “Kemarin kan sempat harga cabai tinggi. Harapannya kalau masyarakat punya tanaman cabai sendiri, tidak bingung dengan kenaikan harga itu,” pungkasnya.

Acara yang dihadiri ratusan warga dari perwakilan tiap-tiap desa itu semakin meriah dengan dibagikannya bantuan dari Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman beserta istrinya, Ita Triwibawati yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK, kepada perwakilan warga.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, Drs H Taufiqurrahman beserta Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Ita Triwibawati saat memberikan bibit tanaman kepada perwakilan warga.(dok. Humas Pemkab Nganjuk)

Related posts

Leave a Comment