Kabupaten Nganjuk Dapat Penghargaan KTR

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten Nganjuk mendapat pengakuan di bidang kesehatan dari Pemerintah Pusat. Penghargaan Pastika Paramesti itu, diterima langsung oleh Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat, S.Sos, M.M., dari Dirjen Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dr Anung Sugiharto, M.Kes.

Pastika Paramesti, merupakan penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah memiliki kebijakan baik berupa peraturan Gubernur/Bupati/Walikota tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Selain Kabupaten Nganjuk, daerah lain yang juga mendapatkan penghargaan serupa adalah Kota Pasuruan, Kabupaten Bima, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Achmad Noeroel Cholis yang mendampingi mengatakan, penyerahan penghargaan tersebut berlangsung dalam Peringatan Hari Tembakau Sedunia 2019 di Auditorium Siwabessy Kantor Kementerian Kesehatan RI, yang diperingati pada tanggal 31 Mei 2019 dengan tema “Rokok dan Kesehatan Paru”.

“Ini merupakan apresiasi yang harus menjadi upaya peningkatan implementasi Perda tentang pengendalian konsumsi tembakau. Perda diberlakukan bukan hanya untuk para perokok, namun juga orang yang tidak merokok agar dapat menghirup udara sehat,” ujarnya.

dr Achmad Noeroel Cholis menambahkan, mengacu kepada surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, ada empat kategori penghargaan yang diserahkan pada peringatan tersebut. Yaitu Penghargaan Pastika Parama, Penghargaan Pastika Parahita, Penghargaan Awya Pariwara dan Penghargaan Paramesti.

Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat berharap, dengan adanya Peraturan Bupati tersebut, seluruh lingkungan kantor perangkat daerah, kantor camat, unit pelaksana teknis dinas dan kantor desa se-Kabupaten Nganjuk sudah diwajibkan memberlakukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Seluruh perangkat daerah berperanserta secara aktif dalam mewujudkan kawasan tanpa rokok tersebut,” tutur Bupati yang akrab disapa Mas Novi itu.(adv/hms/*/kur)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat usai menerima penghargaan Pastika Paramesti dari Kementerian Kesehatan RI.(dok. Pemkab Nganjuk)

Related posts

Leave a Comment