DPRD Kabupaten Kediri Turut Berkontribusi dalam Penanganan Covid-19

ADAKITANEWS, Kediri – Semakin bertambahnya jumlah warga yang terkonfirmasi terpapar virus corona (Covid-19), DPRD Kabupaten Kediri tetap mengoptimalkan fungsi pengawasan guna memantau dan mengawasi penanganan wabah covid-19 di wilayah Kabupaten Kediri.

Sejak masa awal ditemukan penularan virus corona covid-19 di Kabupaten Kediri, DPRD Kabupaten Kediri telah mengambil langkah-langkah guna turut memberikan kontribusi dalam penanganan wabah corona di Kabupaten Kediri. Langkah-langkah yang telah diambil DPRD Kabupaten Kediri tersebut diantaranya beberapa kali mengadakan rapat koordinasi dan rapat dengar pendapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 beserta SKPD terkait langsung dengan penanganan corona diantaranya BPBD, Bappeda, Dinas Sosial, RSUD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, memangkas anggaran belanja DPRD hingga lebih dari Rp 4 milyar lebih untuk refocussing anggaran penanganan covid-19, mengoptimalkan fungsi pengawasan DPRD dengan melakukan sidak langsung ke lapangan oleh Komisi-Komisi, hingga menggalang donasi mandiri DPRD untuk bantuan beras sebanyak 6 ton bagi warga masyarakat terdampak covid-19 .

Dalam setiap rapat koordinasi penanganan Covid-19 tersebut Pimpinan DPRD Kabupaten Kediri selalu meminta konfirmasi terkait perkembangan penanganan wabah corona covid-19 terupdate dan terkini, termasuk juga terkait kendala dan permasalahan yang terjadi di lapangan serta memberikan saran dan masukan yang konstruktif. Hal ini karena DPRD Kabupaten Kediri ingin memastikan agar koordinasi lintas SKPD yang terlibat dalam penanganan corona di Kediri Kabupaten Kediri berjalan baik.

Sedangkan rangka menjalankan fungsi pengawasan DPRD, terhitung sejak bulan Mei 2020 hingga saat ini semua Komisi di DPRD Kabupaten Kediri tetap melakukan peninjauan lapangan ke desa-desa di wilayah Kabupaten Kediri untuk meninjau upaya penanganan wabah covid-19. Semua Komisi di DPRD Kabupaten Kediri, yaitu Komisi I, II, III dan IV turut berkontribusi dalam pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap pengananan wabah corona di Kabupaten Kediri, tentunya sesuai dengan bidang tugas masing-masing Komisi.

Sedangkan untuk beras donasi mandiri DPRD Kabupaten Kediri yang terkumpul sebanyak 6 ton, di distribusikan langsung oleh Ketua DPRD dan para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri secara bertahap ke desa-desa yang terdampak langsung wabah covid-19. Bantuan beras donasi mandiri DPRD Kabupaten Kediri ini disalurkan melalui Kepala Desa dimana terdapat warganya yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona covid-19.

Bantuan beras DPRD ini dikhususkan untuk membantu warga masyarakat yang harus melaksanakan isolasi mandiri di rumah, sehingga diharapkan dapat menjalani masa isolasi mandiri dengan baik namun tetap tercukupi kebutuhan pokoknya.(adv/dprdkabkediri/*/kur)

Keterangan gambar: Penyaluran bantuan dari DPRD Kabupaten Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment