DPRD Kabupaten Kediri Tetapkan APBD 2019 Tepat Waktu

ADAKITANEWS, Kediri – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri akhirnya berhasil menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 tepat waktu, Selasa (27/11).

Berdasarkan aturan yang ada, diketahui bahwa batas akhir penetapan APBD jatuh pada 30 November. Dan atas keputusan tersebut, dipastikan APBD Kabupaten Kediri juga tidak akan molor untuk bisa dilaksanakan.

Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H Sulkani menyatakan, penetapan APBD tahun 2019 dilakukan setelah Badan Anggaran DPRD melakukan sejumlah rangkaian pembahasan sesuai dengan tahapan. Hal tersebut untuk meneliti dengan seksama agar dipastikan tepat sasaran dan sesuai dengan mekanisme peraturan yang berlaku.

“ABPD tahun 2019 kita tetapkan setelah dipastikan RAPBD 2019 sinkron dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Sehingga sudah tidak ada ganjalan lagi secara yuridis, karena semua telah dilalui,” ujarnya.

H sulkani menjelaskan, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 13 tahun 2006 sebagaimana diubah dalam Permendagri nomor 21 tahun 2011, persetujuan bersama atas Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD harus ditandatangani oleh pemerintah daerah dan pimpinan DPRD satu bulan sebelum tahun anggaran berakhir.

Dengan selesainya seluruh rangkaian pembahasan Raperda APBD tahun 2019 oleh Badan Aggaran dan tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Kediri, maka pihak DPRD juga akan segera menggelar rapat paripurna untuk menetapkan RAPBD tersebut menjadi APBD.

“Pasal 105 ayat (3c) Permendagri nomor 13 tahun 2006 yang telah diubah dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011. Disitu dijelaskan bahwa batas akhir penandatangan nota persetujuan bersama antara kepala daerah dan pimpinan DPRD terkait Raperda APBD adalah satu bulan sebelum tahun anggaran berakhir, yakni tanggal 30 November. Namun Alhamdulillah kita sudah bisa menetapkan APBD tahun 2019 Kabupaten Kediri sebelum batas akhir tersebut. Sehingga dipastikan pelakasanaan kegiatan Pemerintah Daerah tahun 2019 nanti tidak terjadi kemoloran,” jelasnya.

H Sulkani mengaku berterimakasih atas kerja keras Badan Anggaran dan tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Kediri dalam membahas RAPBD tahun 2019. Sebab menurutnya, untuk mencermati anggaran Kabupaten Kediri bukanlah pekerjaan mudah dan dapat dilakukan dalam tempo singkat.

“Kami berterimakasih terhadap semua pihak, terutama Badan Anggaran dan juga kepada Pemerintah Kabupaten Kediri atas semua pendapat dan kerjasama serta perhatiannya, sehingga Raperda APBD Kabupaten Kediri tahun anggaran 2019 dapat ditetapkan sebelum batas waktu yang ditentukan,” pungkasnya. (adv/dprdkabkediri/*/kur)

Keterangan gambar: Penandatanganan nota persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Kediri tahun anggaran 2019.(ist)

Related posts

Leave a Comment