Donasi Mandiri DPRD Kabupaten Kediri Bantu Warga Terdampak Covid-19

ADAKITANEWS, Kediri – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri menghimpun bantuan untuk penanggulangan dampak Covid-19 dari seluruh anggota. Donasi yang terkumpul tersebut akan dirupakan bahan pokok, yakni beras yang akan dibagikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kediri yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan pokoknya akibat pandemi Covid-19. Selain itu, DPRD juga memangkas anggaran sebesar Rp 4,1 miliar untuk dialokasikan ke penanganan dampak pandemi tersebut.

Keputusan tersebut diambil setelah jajaran pimpinan DPRD Kabupaten Kediri menggelar rapat via video conference dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Kediri yang dipimpin langsung oleh Bupati Kediri dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah, dan SKPD yang terkait dalam penanganan wabah corona yaitu BPBD, Dinas Sosial, DPMPD, Rumah Sakit Kabupaten Kediri, Rumah Sakit Simpang Lima dan Bappeda terkait perkembangan penanggulangan wabah corona di Kabupaten Kediri.

Dalam rapat tersebut Pimpinan DPRD mendorong pemerintah Kabupaten Kediri untuk lebih sigap dalam penanganan wabah Covid-19, yaitu dengan meminta penyediaan stok APD yang cukup bagi tenaga medis selama 2 bulan kedepan.

“Kami bukan hanya meminta pemkab Kediri lebih serius menangani wabah Covid-19, namun DPRD juga berkomitmen untuk penanggulangan pandemi tersebut. Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Kediri sepakat untuk memangkas anggaran DPRD sebanyak Rp 4,1 miliar untuk dialokasikan pengadaan beras bagi masyarakat terdampak Covid-19,” ungkap ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, hasil reses bulan April 2020 yang lalu DPRD Kabupaten Kediri menyimpulkan bahwa mayoritas masyarakat mengeluhkan besarnya dampak sosial ekonomi akibat wabah corona. Menindaklanjuti keluhan itu, jajaran Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kediri berinisiatif menyisihkan sebagian penghasilan pribadinya untuk donasi beras mandiri bagi masyarakat Kabupaten Kediri di daerah yang terdampak langsung wabah Covid-19. Dari donasi mandiri Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kediri tersebut terkumpul sebanyak 6 ton beras dalam kemasan 5 kg.

“Donasi beras 6 ton dari anggota DPRD Kabupaten Kediri ini selanjutnya akan didistribusikan ke masyarakat di Desa yang terdampak langsung wabah Covid-19, “jelasnya.

Senada dengan itu, Drs H Sentot Djamaluddin selaku Wakil Ketua DPRD Kabuapaten Kediri juga menyampaikan bahwa donasi yang dihimpun oleh DPRD Kabupaten tersebut merupakan wujud kepedulian dan sikap responsif jajaran atas kondisi yang dialami masyarakat.

“Donasi mandiri para Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kediri ini adalah wujud kepedulian dan sumbangsih nyata Anggota DPRD Kabupaten Kediri untuk turut serta turun langsung mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan masyarakat Kabupaten Kediri terdampak wabah Covid-19. Semoga donasi DPRD ini bermanfaat utamanya bagi warga masyarakat di desa yang terdampak langsung wabah corona,” pungkas Sentot.(adv/dprd.kab.kediri/*/kur)

Keterangan gambar: Penyerahan bantuan kepada warga terdampak Covid-19.(ist)

Related posts

Leave a Comment